Address
GKM Green Tower Lt. 7
Jl. TB Simatupang Kav. 89, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Email
sales@segaraenergi.com

Optimalkan Gas Bumi dalam Transisi Energi Butuh Komitmen Bersama

Diterbitkan Kamis, 19 September 2024

 

Butuh kesepahaman bersama yang menegaskan jika gas bumi adalah pilihan yang tepat dalam masa transisi energi di Indonesia. Hal ini agar pemanfaatan gas bumi bisa dioptimalkan dengan baik.

Direktur Perencanaan Strategis Pengembangan Bisnis PHE, John H Simamora, mengibaratkan nasib gas bumi akan seperti minyak  bumi jika tanpa adanya kesepahaman bersama. Di mana Indoenesia dulu dari eksportir minyak bumi dan kini menjadi importir minyak.

Kesepahaman itu diharapkan kemudian diturunkan dalam kebijakan yang mendorong optimasi gas bumi sehingga antara pasokan dan permintaan bisa berjalan beriringan.

Menurut dia, banyak potensi gas yang dimiliki Pertamina di berbagai wilayah, terutama di wilayah Indonesia Timur, tetapi belum bisa dimonetisasi karena belum ada pembeli, infrastruktur juga masih belum tersedia.

“Gas ini sudah saatnya. Tetapi harus nyata dan jelas. Kita sudah banyak bicara soal ini, tetapi faktanya, tidak banyak berubah,” ujar dia dalam diskusi online bertajuk Optimalisasi penggunaan Gas Bumi Menuju Transisi Energi, di jakarta, Selasa, (24/8/2021).

Momentum komitmen global terhadap perubahan iklim dan komitmen mereduksi emisi dengan penggunaan sumber energi yang lebih ramah lingkungan, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga potensi-potensi gas bumi yang dimiliki bisa dioptimasi.

 

liputan6.com/bisnis/read/4640269/

optimalkan-gas-bumi-dalam-transisi

-energi-butuh-komitmen-bersama